Fakta Menarik Hewan Terbesar di Dunia : Paus Biru

Seperti kita tahu, Paus Biru adalah mahluk paling besar di bumi yang masih hidup, banyak pernyataan yang keliru tentang paus biru ini yang salah satunya adalah menganggap bahwa paus biru ini adalah ikan, padahal yang sebenarnya adalah mamalia, tepatnya adalah mamalia terbesar di dunia.

Banyak hal menarik yang berkaitan dengan hewan yang menakjubkan ini diantaranya adalah beberapa fakta unik yang saya susun di bawah ini : 

  • Paus biru adalah mahluk terbesar yang masih ada sampai sekarang beratnya jika digambarkan adalah seberat 30 gajah dewasa dan panjangnya itu melebihi 2 bis sekolah.
  • Paus biru adalah evolusi dari kuda nil, hewan ini membuat badannya ramping (agar lebih mudah untuk berenang) merubah kaki depan mereka menjadi sirip, menghilangkan kaki belakangnya dan membuat ekor yang kuat dan besar, mulut paus biru dapat menampung 100 orang dewasa, namun hewan ini malah memakan salah satu mahluk terkecil di bumi ini yaitu plankton.
  • Paus biru makan dengan cara menyaring makanannya, hewan ini menelan air dalam jumlah banyak dan memisahkan antara air dan plankton menggunakan "keratinous" (rambut dan kuku manusia juga terbuat dari ini)
  • Paus biru bernapas mengunakan paru-paru, dan letak lubang hidungnya ada di permukaan atas paus biru. (bahkan seorang bayi bisa masuk kedalamnya), lewat lubang inilah, paus biru menyemprotkan air yang ditelannya yang telah dipisahkan dari plankoton, semprotan airnya bisa mencapai 15 meter.
  • Jantung paus biru memiliki besar yang sama seperti mobil angkot, jantung ini berdetak hanya 5 atau 6 kali per menit. Arteri paus biru sangat besar (sebesar pipa) bahkan anak kecil bisa masuk kedalamnya.
  • Paus biru tidur sambil berenang, mereka menggunakan setengah otaknya ketika tidur.
  • Paus biru adalah mahluk yang paling berisik di dunia, lagu yang dinyanyikan mereka dapat terdengar dari jarak beberapa kilometer.
  • Selain manusia, predator dari paus biru ini adalah paus Orca dan Hiu Putih.
  • Paus betina melahirkan 1 bayi setelah 1 tahun kehamilan, dan berat bayi paus biru yang baru dilahirkan sekitar 3 ton dan panjang sekitar 8 meter.
Itulah beberapa fakta menarik tentang paus biru, dan jika anda ingin mengetahui lebih banyak tentang mahluk yang menakjubkan ini anda bisa membacanya di Wikipedia yang membahas tentang paus biru.

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Fakta Menarik Hewan Terbesar di Dunia : Paus Biru"

  1. Mestinya bangsa yang semakin maju akan semakin beradab n peduli dengan lingkungan hidup n bekerja sama dengan bangsa maju lain-nya menjaga ekosistem laut yang salah satunya dengan menjaga mahluk terbesar di planet ini dari kepunahan. Tetapi sangat disayangkan, pada tahun 2014 pemerintah Jepang melalui badan perikanan n kementerian luar negeri mereka malah meluncurkan program 12 tahun "pembantaian" 4000 ekor paus atau sekitar 1 ekor per hari untuk memenuhi kerakusan bangsa mereka akan daging.

    BalasHapus
  2. Hanya di Ionqq anda bisa memenangkan jackpot hingga ratusan juta rupiah | p1n bb:*58ab14f5*

    BalasHapus